Pengenalan Microsoft Excel


       I.            Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

1.      Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1)      Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2)      Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3)      Muncul Gambar 1.1

2.      Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
 
 Gambar 1.1
 Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan

Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:

1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.

2) Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 
dokumen.

3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4) Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.


5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.
1.      Memindahkan Petunjuk Sel (Cell Pointer)
Ada beberapa cara untuk memindahkan petunjuk. Lihat tabel di bawah ini:
Tombol
Keterangan

 


Pindah satu cell ke kanan,bawah,kiri atau atas
Enter
Pindah satu cell ke bawah
Home
Pindah kekolom A pada posisi baris yang aktif
Ctrl+Home
Pindah ke cell A1 Pada lembar kerja yang aktif
Ctrl+End
Pindah keposisi cell terakhir yang sedang di gunakan
PgUp
Pindah 1 layer ke atas
PgDn
Pindah 1 layer ke bawah
Alt+PgUp
Pindah 1 layer ke kiri
Alt+PgDn
Pindah 1 layer ke kanan
Ctrl+PgUp
Pindah dari 1 tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya
Ctrl+PgDn
Pindah dari 1 tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya

2.      Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Berbagai jenis data dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja seperti teks,nilai,tanggal,jam,dll.
3.      Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
4.      Penggunaan Rumus
5.      Pembuatan Blok Sel
6.      Menghapus Data
7.      Memasukkan Rangkaian Data dengan AutoFill














0 komentar:

Posting Komentar